Penelitian

Unit Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP3) di keperawatan FK Undip merupakan unit yang mengelola pengembangan dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk memberikan arah terhadap pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, dibuatlah road map penelitian ataupun pengabdian masyarakat yang menjadi pedoman civitas akademika dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini.

Beberapa kegiatan UP3 adalah pelatihan penyusunan karya ilmiah bagi mahasiswa dan dosen, pelatihan metodologi penelitian, penerbitan jurnal keperawatan, dan pemberikan bantuan dana dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Seluruh program tersebut selaras dengan visi dan misi UNDIP untuk menjadi universitas riset yang unggul di tahun 2020. Selain itu, UP3 juga senantiasa mendukung para dosen untuk membuat dan melaksanakan road map penelitian bagi pengembangan diri dan juga program studi.

Beberapa program unggulan di bidang pengabdian masyarakat adalah pengembangan ruang model praktik keperawatan di beberapa RS jejaring, Ners Educator, Perawat pendidik bagi penderita diabetic, kesehatan sekolah dan home health care. Sedangkan di bidang penelitian, arah tujuan akhir dari seluruh penelitian yang dihasilkan adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Diharapkan seluruh program tersebut diatas sejalan dengan bidang pendidikan yang didukung oleh seluruh civitas akademika Keperawatan FK UNDIP baik dosen maupun mahasiswa. UP3 juga mewadahi dan mengkoordinasikan dengan berbagai bidang yang terkait untuk kemajuan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.