Biaya Studi

Biaya Studi di Universitas Diponegoro menggunakan Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dirumuskan berdasarkan Beban Kuliah Tunggal (BKT). Sistem UKT terdiri dari golongan 1 sampai 7. Terdapat perbedaan dari setiap jalur dari sistem ini yaitu : Program Sarjana Strata 1 (S1)

  • Jalur SNMPTN, SBUB dan SBMPTN : Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan.  Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

          snmptn

  • Jalur Seleksi Ujian Mandiri (UM S1) : Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa memilih Golongan saat mau mendaftar menjadi peserta Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online).

um s1

Program Diploma III (D3)

  • Jalur PSSB : Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 sampai 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan. Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.PSSB D3
  • Jalur Seleksi Ujian Mandiri (UM DIII) : Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 4 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI jalur Ujian Mandiri D-III hanya 1 golongan saja sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah).

Program Diploma IV (D4)

  • Jalur Seleksi Ujian Mandiri : Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 1 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1.

Program Pascasarjana (S2/S3) dan Profesi
Pada Program Pascasarjana tidak menggunakan Sistem UKT. Biaya studi sesuai dengan biaya pada masing-masing program studi terdiri dari :

  • Biaya SPP Per Semester
  • Biaya SPI (Sumbangan Pengembagan Institusi). Untuk Program Profesi hanya dikenakan SPP.

Program  Pendidikan Dokter Spesialis

Sesuai SK yang tercantum dalam Pengumuman Berikut ini

PPDS