Alumni Kedokteran UNDIP Semarang Lakukan Upacara di Tugu Nol Kilometer Indonesia

Semarang.fk.undip.ac.id. Sebanyak 88 orang alumni Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang melaksanakan tour ke Aceh mulai tanggal 16 hingga 18 Agustus 2018.

Dalam tour ke Aceh tersebut, tujuan utama para alumni ini yakni untuk melaksanakan upacara peringatan 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di tugu 0 (nol)  kilometer Indonesia, tepatnya di Pulau Weh, Sabang.

Dalam upacara yang difasilitasi oleh Kapolres dan Pemko Sabang tersebut, terlihat para alumni Fakultas Kedokteran Undip yang berjumlah 88 orang tersebut, menggunakan pakaian adat yang berbeda-beda, bahkan dapat dikatakan mereka menggunakan pakaian adat dari seluruh wilayah di Indonesia.

Ketua Pelaksana Upacara 17 Agustus, dr. Ahmad Junaidi Sp. OG melalui wawancara mengatakan, bahwa mereka diamanatkan oleh para finishpull dari Fakultas Kedokteran Undip untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut.

“Yang bertujuan untuk mengisi kemerdekaan yang bersih dengan memacu semangat, perjuangan, dan kemerdekaan. Hal ini kita mulai dari titik nol kilometer Indonesia,” katanya, Jum’at (17/8/2018).

Dalam upacara tersebut, pihaknya memakai pakaian adat yang berbeda-beda, dikarenakan hal tersebut menurutnya, sadar bangsa Indonesia ini terdiri dari beberapa suku, beberapa agama, beberapa ras.

“Hal tersebut wujud dari kebinekaan di seluruh Indonesia ini,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jika hari ini Indonesia merdeka, tentunya para pendahulu bangsa ini mengharapkan kepada generasi yang akan datang untuk mengisi Indonesia ini sesuai profesi masing-masing.

“Yang menjadi dokter jadilah dokter yang baik, yang menjadi jaksa maka jadilah jaksa yang baik, begitupun yang jadi polisi jadilah polisi yang baik,” katanya.

“Dan yang terpenting, kalau kita jadi masyarakat maka jadilah masyarakat Indonesia yang baik, sehingga negara ini diisi sebagai negara ‘baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” jelas dr. Ahmad Junaidi, Sp. OG.

Terkait kegiatan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh Alumni Fakultas Kedokteran Undip tersebut, membuat Presidium KAHMI Banda Aceh Angkat Bicara.

Zulhaini Sartika yang merupakan salah seorang Presidium Kahmi Banda Aceh mengatakan, Kahmi Banda Aceh sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para alumni Fakultas Kedokteran Undip, yakni melakukan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Tugu 0 (nol)  kilometer Indonesia, Sabang.

Zulhaini Sartika atau yang akrab disapa Kazoel ini juga mengatakan, ada dua hal yang menarik dari peringatan tersebut. Pertama, kegiatan tersebut dilakukan di Tugu 0 (nol) kilometer Indonesia, dan yang kedua terkait pakaian peserta upacara tersebut yang merangkum pakaian adat yang ada diseluruh Indonesia.

Kazoel juga mengharapkan, dalam peringatan ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini tentu masih banyak yang harus di benahi oleh para pemimpin negeri. Seperti persoalan kemiskinan yang belum tuntas di negeri ini.

Menurutnya, persoalan negeri bisa dituntaskan apabila pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam membangun negeri. [•]

(sumber : https://kliksatu.co.id/2018/08/18/alumni-kedokteran-undip-semarang-lakukan-upacara-di-tugu-nol-kilometer-indonesia/)