Kilas Balik Kegiatan PKKMB FK Undip 2018

Semarang, fk.undip.ac.id. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Kedokteran Undip telah dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Agustus 2018. Kegiatan tersebut dibuka denan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru yang dilaksanakan di depan lobby Gedung A FK Undip. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, dihadiri oleh 675 mahasiswa baru FK Undip serta dewan prosesi yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, guru-guru besar, dosen, serta civitas academica FK Undip.

Kegiatan PKKMB 2018 secara resmi dibuka oleh Dekan FK Undip, Prof.Dr.dr.Tri Nur Kristinah, DMM, M.Kes dengan prosesi penyematan atribut PKKMB kepada perwakilan mahasiswa setiap program studi oleh Dekan dan Kepala Program Studi Kedokteran, Keperawatan, Gizi, Kedoktrean Gigi, dan Farmasi. Dalam sambutannya, Prof.Dr.dr.Tri Nur Kristinah, DMM, M.Kes mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru dan berpesan agar mahasiswa baru selalu belajar bersungguh-sungguh agar bisa selalu mengukir prestasi di FK Undip.
Upacara Pembukaan PKKMB FK Undip 2018 juga turut dimeriahkan oleh penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) FK Undip yang membawakan lagu Hymne Guru, Hymne dan Mars FK Undip, serta lagu pilihan berjudul This Is Me dengan indah dan menawan. Kegiatan ini diakhiri dengan prosesi salam-salaman atau ramah tamah antara mahasiswa baru dengan dosen di Lobby Gedung A FK Undip yan dilanjutkan dengan mobilisasi mahasiswa baru ke Ruang Serbaguna Gedung A FK Undip untuk mengikuti rangkaian PKKMB selanjutnya.
Di dalam Ruang Serbaguna Gedung A FK Undip, mahasiswa duduk bercampur baur di antara kelima program studi agar bisa saling mengenal satu sama lain. Dalam rangka pengenalan sistem kegiatan yang terdapat di FK Undip, maka disampaikanlah materi mengenai Peraturan Akademik (Perak) dan Fasilitas FK Undip, Sistem Pendidikan Kedokteran di Indonesia, Proyeksi Lulusan Kedokteran di Era Revolusi Industri 4.0, serta Program Pengembangan Riset dan Inovasi Kedokteran di Era Revolusi Industri 0.4 oleh para Wakil Dekan FK Undip. Selain itu, diperkenalkan pula mengenai Program Beasiswa, Akses Perpustakaan FK Undip, Interproffesional Health Education, Badan Konseling Mahasiswa Fakultas (BKMF), serta Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dilakukan oleh dosen-dosen FK Undip. Materi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FK Undip, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat FK Undip, serta roadshow Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) oleh BEM Undip sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Mahasiswa Bagu sangat terlihat antusias, ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya kepada para narasumber.

Kemeriahan PKKMB FK Undip terus berlanjut hingga penutupan di hari Sabtu, 11 Agustus 2018. Pada pagi hari, mahasiswa baru berkesempatan untuk mengenal kegiatan yang ada di FK Undip lebih jauh, dengan dikenalkannya biro-biro yang ada di FK Undip. Disamping itu, untuk membangun rasa cinta kepada FK Undip, BEM FK Undip juga turut memperkenalkan Gerakan Aku Cinta FK Undip. Kegiatan dilanjutkan dengan proses pembuatan mozaik yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa baru FK Undip di lapangan parkir FK Undip 2018. Kegiatan PKKMB FK Undip secara resmi diakhiri oleh Dekan FK Undip yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FK Undip, Dr.dr.Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S(K). Setelah melalui rangkaian PKKMB 2018, diharapkan mahasiswa baru bisa memulai kegiatan perkuliahan dengan baik dan bisa terus berprestasi di FK Undip.