Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro melaksanakan upacara rutin setiap hari senin. Upacara dilaksanakan pada hari Senin, 26 September 2022 di depan Gedung Dekanat Fakultas Kedokteran. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, yaitu offline maupun online. Kegiatan offline diikuti oleh 25% mahasiswa dari semua prodi, sedangkan 75% lainnya mengikuti kegiatan tersebut melalui virtual meeting yang disiapkan oleh panitia.

Upacara hari ini dimulai dengan persiapan dari pukul 06.30 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Persiapan meliputi penertiban peserta, persiapan media, dan penataan tempat. Setelah semua persiapan selesai, upara dibuka dan dipandu oleh petugas sebagai pembawa acara. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan runtutan kegiatan upacara pada umumnya, dimulai dari pembukaan, pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila, pembukaan UUD 1945, amanat pembina upacara, pembacaan doa, dan penutup. Adapun pembina upacara kali ini adalah Drg. Gunawan Wibisono selaku Kaprodi Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro.

Drg. Gunawan Wibisono menyampaikan beberapa hal dalam upacara kali ini. Salah satunya terkait pentingnya pendidikan karakter bagi setiap mahasiswa. Terdapat 2 pandangan sebagai seorang mahasiswa fakultas kedokteran, yaitu bersih dan rapi dari segi jasmani dan ada satu hal yang tidak kalah penting, yaitu bersih dan sehat secara rohani yang harus didasari dengan hal yang bersih dan sehat pula. Menurut beliau, perguruan tinggi harus menjadi benteng dimana perbuatan bersih itu ditunjukkan. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk berperilaku bersih dan sehat dalam jasmani dan rohani karena suatu saat kita akan menjadi pemimpin.

Secara keseluruhan upacara berjalan dengan lancar dan penuh hikmat. Petugas upacara menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu, cuaca yang cerah juga mendukung kehikmatan dalam upacara kali ini.