Tenaga Adminitrasi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro melaksanakan apel pagi sebagai bentuk disiplin berdasarkan kebijakan Surat Rektor di Gedung Serbaguna. Apel pagi dilaksanakan pada hari Senin, 26 September 2022 di lantai 3 Dekanat Fakultas Kedokteran. Upacara tersebut sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari senin bagi tenaga pendidik, baik dilakukan secara offline maupun online.

Upacara dimulai dengan persiapan dari pukul 07.45 WIB sampai 08.00 WIB. Persiapan meliputi penataan alat dan penertiban peserta. Setelah semua persiapan selesai, apel pagi dibuka dan dipandu oleh petugas sebagai pembawa acara. Kegiatan dilaksanakan dimulai dari pembina apel memasuki ruang apel secara virtual, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan panca prasetya dan korps pegawai, amanat pembina apel, pembacaan doa, dan penutup. Adapun pembina apel pagi kali ini adalah Dr. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, SpM(K) selaku Ketua Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Amanat apel dibuka dengan salam hormat dari Dr. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes, FISCM, SpM(K). Beliau menyampaikan beberapa hal dalam apel pagi kali ini, diantaranya adalah beliau mengingatkan kepada kaprodi untuk menyiapkan capaian kerja dan memperbarui website prodi. “Terutama kaprodi sudah masuk triwulan tiga, mohon disiapkan capaian kerja dan update web prodi terutama yang berbahasa inggris”, ungkap beliau. Hal ini sampaikan dalam rangka memenuhi kebutuhan akreditasi. Beliau juga menyampaikan berdasarkan kebijakan dari Wakil Rektor 2 selaku penanggung jawab sumber daya terkait pengembangan keilmuan dosen dan jabatan fungsional dosen. “Untuk pengembangan jabatan fungsional sesuai keilmuan sampai ke guru besar itu butuh perencanaan yang matang, tidak seperti masa lampau, sekarang akan ditata agar tidak saling tumpang tindih karena di fakultas lain sudah overload walau di FK belum”, ungkap beliau. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran menjadi host dalam dies natalis yang ke – 61.

Dies natalis ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah orasi ilmiah dari guru besar, ziarah makam guru besar dan sesepuh Fakultas Kedokteran Undip, dan lomba seni. Selain itu, pada puncak acara pada tanggal 29 Oktober, akan didakan reuni akbar dari alumni. Oleh karena itu, tenaga pendidik dan mahasiswa diajak untuk berperan aktif dalam kegiatan ini.