Dalam rangka menumbuhkan motivasi internal kepada siswa untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, SMA IT AL Kahfi Bogor lakukan kunjungan pada hari Kamis, 29 September 2022. Acara tersebut dilaksanakan di theatrical, gedung B, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan dihadiri oleh 75 siswa kelas 11 dan 12 dan 5 guru pendamping. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari informasi seputar hal-hal yang berkaitan dengan FK UNDIP. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi bagi FK UNDIP untuk mengajak para siswa menempuh pendidikan disini. Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah dr. Muflihatul Muniroh, M.Si., Med., Ph.D. dan dr. Ryan Halleyantoro, M.Biomed, Sp.Par.K dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dibuka dengan sambutan dari guru penanggung jawab SMA IT Al Kahfi dan disambut oleh Ketua Program Studi Kedokteran, dr. Muflihatul Muniroh, M.Si., Med., Ph.D. Pada kesempatannya, beliau memulai dengan menjelaskan jumlah departemen dan prodi di FK UNDIP serta penjelasan singkat untuk masing – masing departemen dan prodi. Kemudian dilanjutkan menampilkan video profil Fakultas Kedokteran serta video profil Program Studi Kedokteran. Penjelasan lebih detail disampaikan oleh dr. Ryan Halleyantoro, M.Biomed, Sp.Par.K atau yang biasa dikenal dengan Dokter Ryan. Beliau menyampaikan terkait Competence Based Curriculum Educational Strategy, diantaranya meliputi Student-centered learning, Problem – based, Integrated teaching, Community oriented, Early clinical exposure, dan Self directed learning (sustainability). Beliau juga menyampaikan terkait penghargaan yang pernah diraih FK UNDIP dengan menunjukkan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh Prodi dan mahasiswanya. Selain itu, terdapat beberapa hal yang disampaikan terkait Ikatan Alumni Kedokteran FK UNDIP yang solid dan saling membantu setelah menjadi alumni, fasilitas yang ada di FK UNDIP, Rumah Sakit jejaring yang bekerjasama dengan FK UNDIP, dan dijelaskan juga terkait research interest di Fakultas Kedokteran.

Kunjungan ini mendapat banyak antusias dan respon positif dari para peserta. Terbukti selama sesi tanya jawab, berbagai siswa menunjukkan antusiasme nya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pembicara, baik pertanyaan terkait Fakultas Kedokteran maupun pertanyaan terkait Universitas. “Apakah mungkin siswa IPS masuk ke kedokteran dengan adanya perubahan metode ujian SBMPTN?”, ungkap salah satu siswa. Dari pertanyaan ini terlihat bagaimana semangat para siswa dalam mengejar pendidikan yang diinginkannya. Selain itu, banyak pertanyaan lain yang diajukan, diantaranya terkait beasiswa prestasi, bagaimana mekanisme tes psikologis bagi calon mahasiswa kedokteran, apa saja yang membedakan setiap jurusan, bagaimana kebijakan UNDIP dalam menanggapi pandemi ketika proses perkuliahan, dan lain sebagainya.

Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan sharing dari Alumni terkati rasa bangga menempuh pendidikan tinggi di FK UNDIP dan seputar kehidupan perkuliahan disini. Beberapa nasihat juga disampaikan kepada siswa dalam sesi tersebut. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian kenang – kenangan kepada Kepala Sekolah SMA IT AL Kahfi dan juga sebaliknya. Harapannya para siswa menjadi lebih termotivasi untuk semangat belajar supaya dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.