Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) menerima kunjungan siswa-siswi SMA Al Kautsar pada hari Senin, 10 Oktober 2022. Kegiatan berlangsung di ruang theatrical, gedung B, Fakultas Kedokteran UNDIP pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan untuk siswa – siswi mencari informasi seputar hal – hal yang berkaitan dengan FK UNDIP sekaligus menjadi ajang promosi bagi FK UNDIP untuk mengajak para siswa menempuh pendidikan disini.

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang dari pembawa acara. Dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Hj. Esti Hariani, S.Sos., M.Pd. selaku perwakilan bidang kesiswaan dari SMA Al Kautsar. Beliau menyampaikan terkait tujuan datang ke UNDIP, diantaranya adalah sebagai bentuk silaturahmi terutama dengan Fakultas Kedokteran dan ingin melihat langsung kampus UNDIP. “Kami mohon anak – anak kami diberi wawasan kebijakan atau informasi jalur prestasi ke UNDIP. Harapannya agar anak – anak kami terbuka wawasannya, karena di UNDIP ini banyak jurusannya dan kami berharap agar berpeluang lebih untuk masuk kesini”, tutur beliau. Ungkapan tersebut mendapat sambutan hangat dari Dekan Fakultas Kedokteran UNDIP yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Dr. Untung Sujianto, S.Kp.,M.Kes. selaku Ketua Departemen Ilmu Keperawatan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan SMA Al Kautsar ke Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dan beberapa hal terkait Fakultas Kedokteran UNDIP. “Kami bertujuan untuk menerima mahasiswa secara merata dari timur sampai barat, tidak terkecuali Bandar Lampung, jadi silahkan berkompetisi”, ungkap beliau pada sambutannya.

Sesi selanjutnya yaitu pemutaran video pengenalan Fakultas Kedokteran kepada siswa – siswi. Dalam video tersebut dijelaskan tentang apa saja yang berkaitan dengan Fakultas Kedokteran, mulai dari jumlah prodi, fasilitas yang dimiliki, dan lain sebagainya. Melanjutkan sesi pengenalan fakultas, dr. Muflihatul Muniroh, M.Si., Med., Ph.D, selaku Ketua Program Studi Kedokteran menyampaikan terkait Fakultas Kedokteran dengan lebih detail. Beliau juga menyampaikan terkait strategi pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. “Mahasiswa di Fakultas Kedokteran UNDIP menggunakan strategi pembelajaran dengan pendekatan SPICES, yaitu kompetensi kurikulum based educational strategy”, ungkap beliau. Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan terkait prestasi yang pernah di raih Fakultas Kedokteran dan ikatan alumni FK UNDIP.

Kunjungan ini mendapat banyak antusias dan respon positif dari para peserta. Selama sesi tanya jawab berlangsung, berbagai siswa menunjukkan antusiasme nya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada pembicara, baik pertanyaan terkait Fakultas Kedokteran maupun pertanyaan terkait Universitas. Pertanyaan pertama disampaikan oleh Kevin, salah satu siswa. “Sebagai peminat pendidikan kedokteran, apakah kedokteran mempelajari ilmu medis secara umum atau spesialis? Bagaimana ujiannya? Apakah dengan teori atau disertai praktik?”, ucapnya. Pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh dr. Ryan Halleyantoro, M.Biomed., Sp.Par.K. selaku Sekretaris Program Studi Kedokteran. “Di kedokteran sistemnya adalah sistem blok, dimana mahasiswa menyelesaikan mata kuliah secara terintegrasi. Semester dua mempelajari fisiologi anatomi, semester empat mempelajari ilmu klinik, semester lima, enam, dan tujuh akan mempelajari ilmu klinis terkait penyakit dalam. Setelah menyelesaikan sarjana, mahasiswa masuk ke tahap profesi”, ungkap beliau. “Ujian di kedokteran bermodel dua tipe teori dan praktik. Setiap semester ada ujian praktek yang biasa kami sebut Ujian OSKI dimana akan dihadapkan pasien standar (simulasi) dan diminta untuk memecahkan suatu masalah atau tindakan tertentu. Selain itu ada ujian teori dengan basis komputer”, tambah beliau dalam kesempatannya. Berbagai siswa – siswi juga memberikan beberapa pertanyaan terkait rasa penasaran mereka dengan Fakultas Kedokteran UNDIP.

Di akhir kegiatan dilakukan pemberian kenang – kenangan baik dari pihak UNDIP maupun SMA Al Kautsar. “Mohon diterima, semoga bermanfaat”, ungkap ibu Hj. Esti Hariani, S.Sos., M.Pd dalam penyerahan kenang – kenangan. Setelah itu dilakukan foto bersama dengan siswa – siswi sebagai dokumentasi sekaligus menjadi penutup kegiatan.