Tenaga Kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro kembali melaksanakan apel pagi sebagai kegiatan rutin setiap hari senin. Apel ini dilakukan sebagai bentuk disiplin berdasarkan kebijakan terkait pelaksanaan upacara hari senin. Apel dilaksanakan pada hari Senin, 10 Oktober 2022 di lantai 3 Dekanat Fakultas Kedokteran. Adapun pelaksanaan kegiatan dilakukan hybrib, yaitu sebagain melaksanakan secara offline dan sebagian yang lain melakukan secara online.

Walaupun terdapat sedikit kendala teknis, akan tetapi apel tetap berjalan dengan lancar. Apel dimulai dengan dipandu oleh petugas sebagai pembawa acara. Dilanjutkan dengan pembina apel memasuki ruang apel secara virtual, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Panca Prasetya KORPRI dan Core Values ASN, amanat pembina apel, pembacaan doa, dan penutup. Adapun pembina apel kali ini adalah Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Beliau menyampaikan beberapa hal dalam apel pagi kali ini, diantaranya adalah beliau mengingatkan untuk selalui mensyukuri apa yang diberikan Tuhan kepada kita. “Meski pandemi merupakan ujian bagi kita semua, namun patut disyukuri atas segala nikmat-Nya, kita sebagai warga UNDIP telah mendapat penghasilan dan berbagai penghargaan dengan bentuk tunjangan”, ungkap beliau. Beliau juga menyampaikan terkait program pengangkatan pegawai. “UNDIP masih terus menjalani program mengangkat pegawai sebagai PU Non-ASN. Bukan itu saja, tenaga kontrak juga diubah status untuk menjadi pegawai UNDIP secara bertahap”, ungkapnya.

Dalam kesempatannya, beliau juga menyampaikan informasi terkait pelaksanaan program – program sosialisasi bimbingan LPPM pada tanggal 12 Oktober mendatang. Bagi kepala prodi akan melaksanakan secara offline, sedangkan dosen fakultas mengikuti secara online. Kegiatan tersebut akan disosialisasikan program penelitian, pengabdian masyarakat, peraturan Rektor Nomor 11 tahun 2022 mengenai penelitian dan pengabdian UNDIP. Terdapat pula penjaminan mutu oleh LPPM dan kerjasama. Beliau juga menyampaikan terkait malam puncak dies natalis FK yang ke-61 akan dilaksanakan pada malam tanggal 29 Oktober 2022.

Sebagai penutup dalam amanat pagi ini, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) mengingatkan kepada seluruh peserta apel, termasuk tenaga kependidikan untuk tetap menjaga kesehatan. Walaupun pandemi Covid-19 sudah mulai dapat dikendalikan, akan tetapi kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar. “Saya berharap semuanya tetap waspada. Covid masih ada, jaga kesehatan, laksanakan prokes dengan tertib, pandemi belum berakhir”, ungkap beliau.