Semarang, 25 Oktober 2022. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Semarang bersama Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan donor darah serentak di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-72. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Oktober 2022. Bertempat di gedung B lantai 2 Fakultas Kedokteran, kegiatan ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa melainkan dosen dan tenaga pendidik juga turut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan yang akan memecahkan Rekor MURI ini. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Ketua IDI Cabang Kota Semarang, dr. Sigid Kirana Lintang Bhima, Sp.FM(K), M.Sc.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan persiapan dilanjutkan dengan sambutan dari dr. Sigid Kirana Lintang Bhima, Sp.FM(K), M.Sc. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa donor darah ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ke-72. “Selain kegiatan donor darah, ada juga pencegahan stunting yang bekerja sama dengan Dr. Khairul Anam, S.Si., M.Si. yang kebetulan ada program pengabdian di Fakultas Kedokteran UNDIP”, ungkap beliau. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) yang telah mendukung acara ini. Harapannya, semoga kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik.

Sambutan berikutnya dari Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S(K). selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Beliau menyampaikan terima kasih kepada Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kota Semarang (IDI) dan juga Ikatan Istri Dokter Indonesia (IDII) yang telah menyelenggarakan kegiatan. “Saya bangga dengan logo – logo yang tertempel di poster. Ada logo UNDIP, FK UNDIP, dan juga logo PMI. Ini menunjukkan bahwa IDI dalam empat hari berhasil mengadakan kegiatan ini”, ungkap beliau. Beliau juga berharap agar acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Setelah semua sambutan selesai, kegiatan berikutnya yaitu doa bersama yang dipimpin oleh dr. Fathur Nur Kholis, Sp.PD. Dilanjutkan dengan penyerahan kenang – kenangan dan pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng ini diiringi lagu “happy birthday” yang dinyanyikan oleh Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Kota Semarang. Hal ini menambah suasana meriah pada kegiatan ini. Agenda berikutnya yaitu kegiatan donor darah yang merupakan acara inti pada program kali ini. Kegiatan donor darah berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Dari pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Donor darah dimulai dengan pendaftaran peserta. PMI Kota Semarang menugaskan beberapa dokter dan petugas medis dalam melakukan pengecekan kondisi peserta sebelum donor darah berlangsung. Selain itu, dr. Santoso, M.Si.Med., Sp.N sebagai narahubung juga turut membantu dalam menangani hal ini.