Senin, 31 Oktober 2022. Salah satu kegiatan rutin di Fakultas Kedokteran UNDIP yaitu melaksanakan upacara setiap hari senin. Upacara yang diikuti oleh mahasiswa dan beberapa tenaga pendidik ini berlangsung secara hybrid. Sebagian melaksanakan secara luring dan sebagian yang lain melalui daring via zoom yang telah disiapkan panitia. Upacara ini merupakan agenda rutin sesuai dengan kebijakan universitas. Pada kesempatan ini, program studi Ilmu Gizi mendapat amanah sebagai petugas upacara.

Upacara dimulai pukul 07.00 WIB bertempat di depan Gedung A Dekanat Fakultas Kedokteran. Pembina upacara pada pagi ini adalah Ns. Muh. Rofii, S.Kp.,M.Kep selaku Sekretaris Program Studi S1 Keperawatan. Dalam kesempatannya, beliau menyampaikan beberapa hal. Ns. Muh. Rofii, S.Kp.,M.Kep mengawali dengan memberikan apresiasi kepada petugas upacara yang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Selanjutnya, beliau menyampaikan terkait pentingnya softskill bagi mahasiswa. “Kuliah di Fakultas Kedokteran adalah suatu kebanggaan, tidak hanya keterampilan akademik, tetapi perlu juga meningkatkan kemampuan softskill.”, tuturnya. Menurut Ns. Muh. Rofii, S.Kp.,M.Kep, soft skill merupakan kemampuan yang sangat penting di dunia kerja dan dapat dilatih dengan belajar dari pengalaman, baik dari organisasi maupun saat berinteraksi dengan orang lain.

Beliau menambahkan bahwa selain komunikasi secara lisan, komunikasi non verbal merupakan bagian yang penting dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, kemampuan bekerja sama dan berpikir kritis juga diperlukan bagi seorang mahasiswa. “Sebagai mahasiswa, kita harus mampu bekerja sama yang baik dengan orang lain, misalnya dalam mengerjakan tugas kelompok”, ungkap beliau. “Keterampilan lain yang harus dimiliki adalah berpikir kritis dan problem solving. Jangan lari dari masalah, tetapi harus mempertimbangkan dan menyelesaikannya dengan baik”, tambahnya.

Sebagai penutup amanat pagi ini, Ns. Muh. Rofii, S.Kp.,M.Kep berharap kepada seluruh mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan, baik akademik maupun non akademik. Sebagai mahasiswa sudah seharusnya dapat bertumbuh kapanpun dan dimanapun kita berada. “Mudah – mudahan mahasiswa dapat meningkatkan softskill, tidak hanya di akademik karena soft skill merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah kesuksesan”, ungkap beliau.