Fakultas Kedokteran UNDIP melaksanakan apel pagi di Gedung Serbaguna. Apel pagi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari senin sesuai kebijakan universitas. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2022 secara hybrid, yaitu sebagian melaksanakan secara luring dan sebagian yang lain mengikuti secara daring.

Apel dimulai pukul 08.00 WIB dengan dipandu oleh petugas sebagai pembawa acara. Dilanjutkan dengan pembina apel memasuki ruang apel secara virtual, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Panca Prasetya KORPRI dan Core Values ASN, amanat pembina apel, pembacaan doa, dan penutup. Dalam kali ini, pembina upacara berkenan hadir secara langsung di ruangan. Adapun pembina apel pagi ini adalah Dr. dr. Udadi Sadhana, M.Kes. Sp.PA(K) selaku Wakil Dekan Sumberdaya.

Dalam apel ini, Dr. dr. Udadi Sadhana, M.Kes. Sp.PA(K) menyampaikan beberapa hal terkait pemeringkatan dan kesejahteraan di Fakultas Kedokteran. “Pemeringkatan dan kesejahteraan tidak bisa dijadikan pilihan. Dua hal ini harus seiring dan sejalan”, ungkap beliau. Beliau menambahkan bahwa kesejahteraan akan meningkat harus diikuti dengan kerja keras dan bagaimana agar peringkat universitas terus naik sehingga dapat menjadi universitas yang lebih baik. Beliau juga menyampaikan bahwa kesejahteraan merupakan penghargaan dari universitas kepada civitas. “Kesejahteraan dalam era ini menjadi urusan dalam negeri universitas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH)”, ungkap beliau.

Dr. dr. Udadi Sadhana, M.Kes. Sp.PA(K) berharap agar insentif yang diberikan tidak perlu dibandingkan karena merupakan gift dari universitas. “Saya harap jangan membandingkan dengan institusi yang lain, ini adalah pemberian sebagai bentuk penghargaan kepada civitasnya, tidak perlu dibandingkan”, ungkap beliau. Dalam menutup amanat kali ini, beliau mengingatkan kepada seluruh peserta apel bahwa pandemi Covid-19 belum selesai dan harus selalu menjaga kesehatan. “Mudah – mudahan kita selalu bersyukur atas kesehatan yang diberikan. Hati – hati, tetap jalankan protokol kesehatan dengan baik, Covid-19 belum selesai”, ungkapnya.