Fakultas Kedokteran UNDIP kembali menggelar The 6th International Conference on Translational Medicine and Health Sciences (ICTMHS). Konferensi ini akan dilaksanakan secara virtual selama dua hari, yaitu 28-29 Oktober 2022 dengan mengusung topik “Digital Transformation in Enhancing Global Health Resilience”. Adapun penyelenggara kegiatan pada tahun ini berasal dari program studi keperawatan.

Konferensi ini merupakan kegiatan tahunan. Semua peserta merupakan dosen yang berasal dari semua program studi di Fakultas Kedokteran. Kegiatan ini juga termasuk dalam rangkaian acara Dies Natalis FK yang ke-72. Konferensi ini akan membahas tentang pembaruan dan inovasi transformasi digital di bidang kedokteran, keperawatan, nutrisi, kedokteran gigi, farmasi, dan ilmu kesehatan lainnya yang berguna untuk memperkuat ketahanan kesehatan global. Konferensi ini juga berfungsi sebagai forum untuk menginisiasi dan mengembangkan kerjasama antar tenaga kesehatan.

Kegiatan hari pertama dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi dimulai dengan konferensi dari Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. sebagai pembicara yang pertama. Beliau membahas terkait “Higher Education Policy Concerning Digital Transformation”. Dilanjutkan dengan foto bersama secara virtual dan pemutaran video dance performance. Melanjutkan konferensi sebelumnya, terdapat pembahasan mengenai “Big Data Analysis and Artificial Intelligence for Precision Nutrition” yang disampaikan oleh Prof. Jane C. -J. Chao, Ph.D dengan dimoderatori oleh Ahmad Syauqy, S.Gz., M.P.H., Ph.D. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada pembicara. Berikutnya adalah konferensi dari Dr. dr. I Edward Kurnia S.L., M.M, M.H.Kes, Sp.PK (K), M.SiMed yang membahas terkait “Bioethics in Health Care Services”. Pemaparan materi ini sekaligus menjadi penutup konferensi dari sesi pagi di hari pertama.

Sesi siang dimulai dengan konferensi dari Emeritus Professor Paula M Procter yang berasal dari Sheffield Hallam University. Dengan dimoderatori oleh Ns. Nana Rochana, S.Kep., M.N, Professor Paula membahas terkait what is disruption, 3 types of artificial intelligence, Internet of Things (IoT), dan banyak materi lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan konferensi dari Assoc Prof. Suhartini, S.Kp., MNS., Ph.D yang membahas terkait “Applied Technology and Information in Nursing Services: Indonesia Context”. Dari kedua konferensi yang dilakukan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan dari peserta. Hal ini menunjukkan bahwa peserta antusias dalam mengikuti acara kali ini.