Kamis, 27 Oktober 2022. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro kembali menggelar prosesi pengambilan Sumpah Dokter Baru ke-239 secara hybrid bertempat di Dekanat Gedung A, tepatnya di Gedung Serbaguna Fakultas Kedokteran. Kegiatan ini sekaligus menjadi menjadi momen prosesi pelepasan Dokter Spesialis Periode IV tahun 2022. Acara ini dihadiri langsung oleh Dekan, Wakil Dekan I, Kepala Departemen Spesialis, Kepala Departemen Kedokteran, Guru Besar dan dewan profesi lainnya, serta beberapa tamu undangan. Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi juga turut hadir secara langsung di momen sakral ini.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta bersama – sama. Dilanjutkan dengan pembacaan nama – nama dokter baru oleh Dr. dr. Trilaksana Nugroho, M.Kes., Sp.M. selaku Ketua Departemen Kedokteran. Setelah pembacaan selesai, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dokter baru yang dipimpin oleh Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran. Dilanjutkan dengan pembacaan nama  – nama dokter spesialis baru yang terdiri dari 52 orang dan dilakukan penandatanganan ijazah serta penyerahan transkrip masing – masing mahasiswa oleh Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Sesi berikutnya yaitu ucapan terima kasih dari perwakilan mahasiswa, dr. Rizky Aditya Fardhani, M.Biomed. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh civitas akademik akademika. “Kami menyadari bahwa keberhasilan kami tidak lepas dari berbagai pihak, yang pertama kepada pasien kami karena dari mereka kami banyak belajar dan dapat mengaplikasikan ilmu kami pelajari.”, ungkap beliau. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada guru – guru dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses pendidikan yang telah dilakukan. “Hari ini adalah penyematan kelulusan kepada kami, satu hal yang indah tapi tidak untuk diulang”, ungkapnya.

Melanjutkan sesi sebelumnya yaitu sambutan – sambutan. Dimulai dari sambutan perwakilan salah satu mahasiswa dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi, drg. Farichah Hanum, M.Kes. Beliau menyampaikan selamat kepada mahasiswa atas keberhasilan yang telah diraih dalam menyelesaikan pendidikan kedokteran. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk selalu mengembangkan diri dengan cara meng-upgrade ilmu pengetahuan, keterampilan, dan etika yang dimiliki. “Kami yakin saudara mampu menyesuaikan diri dengan perjuangan dan proses yang telah dilalui untuk membangun kolaborasi intra dan interprofesionalisme”, ungkap beliau. Selain itu, beliau juga berharap agar mahasiswa mampu menyerap ilmu selama proses pendidikan yang telah diberikan.

Sambutan berikutnya dari Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. “Ini merupakan hari yang spesial, dimana seseorang akan secara resmi dilantik menjadi seorang dokter”, ungkap beliau dalam membuka sambutan kali ini. Beliau berpesan agar para dokter tidak berpuas diri dan terus meningkatkan kualitas keilmuannya. Selain itu, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. juga berpesan kepada dokter muda untuk berpegang teguh dan meluruskan niat untuk melayani masyarakat. “Integritas itu mahkota kita, maka pantas kita menggadaikan dengan hal – hal yang sifatnya fana sehingga dapat merusak profesi yang mulia ini”, ungkap beliau.

Sambutan terakhir diberikan kepada Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran. Beliau mengucapkan selamat kepada dokter spesialis dan dokter baru yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran UNDIP. “Semoga dengan bekal yang diperoleh dapat membawa manfaat bagi pribadi, keluarga, dan masyarakat”, ungkap beliau. Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) berharap agar para dokter dapat memberikan pelayanan yang menjaga etika dan moral. Beliau berpesan agar para dokter selalu meng-update ilmu kedokteran, hukum kesehatan, dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. “Peganglah teguh sumpah dokter ini sebagai panduan dalam anda menjalankan tugas”, pungkas beliau.

Sesi berikutnya yaitu pemberian kenang – kenangan dari Dokter Spesialis kepada Dekan Fakultas Kedokteran. Setelah itu dilangsungkan persembahan dari mahasiswa, diantaranya menyanyikan salah satu lagu legendaris yang berjudul “Kemesraan” dari musisi ternama Indonesia, Iwan Fals. Acara ini ditutup dengan doa syukur bersama yang dipimpin oleh Dr. Drs. Agus Sarono, M.H. dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan siraman kepada dokter baru.