Rabu, 26 Oktober 2022. Fakultas Kedokteran UNDIP kembali menerima kunjungan SMA dari seluruh wilayah Indonesia. Kali ini SMA Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai berkesempatan untuk menggali informasi secara langsung di FK UNDIP. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Theatrical, Gedung B. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan mencari informasi seputar Fakultas Kedokteran maupun universitas sekaligus menjadi ajang promosi bagi FK UNDIP untuk mengajak para siswa menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi top di Indonesia ini.

Acara dimulai pukul 11.00 WIB diawali dengan sambutan dari Ketua Bagian Akademik SMA Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai. Beliau mengucapkan terimakasih atas toleransi keterlambatan dan tetap disambut dengan baik oleh tim Fakultas Kedokteran. Beliau juga menyampaikan terdapat beberapa siswa Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai yang melanjutkan pendidikan di Universitas Diponegoro. “Tahun lalu (2021) ada 17 orang, 2 orang melalui jalur SNMPTN”. Hal ini membuktikan bawah UNDIP menjadi salah satu universitas yang banyak diminati dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Sambutan berikutnya dari Dr. Khairul Anam, S. Si., M. Si. selaku Ketua Program Studi Farmasi. Beliau membuka dengan ucapan syukur dan memberikan sambutan hangat kepada SMA Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai. “Saya merasa mendapat apresiasi dari para siswa telah datang ke tempat kami untuk mengenal lebih dekat tentang UNDIP, khususnya di Fakultas Kedokteran”, ungkapnya. “Saya berharap suatu saat siswa – siswi bisa bergabung di UNDIP”, tambah beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa Universitas Diponegoro adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia. UNDIP terus berusaha mencetak generasi unggul melalui proses seleksi masuk yang ketat dan terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan sehingga dapat menjadi tempat belajar yang nyaman. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa lulusan UNDIP menjadi lulusan yang termudah dalam mendapatkan pekerjaan “Alumni UNDIP paling cepat mendapat pekerjaan. Ini menunjukkan bahwa tujuan universitas untuk mencetak sumber daya yang bermanfaat dan mendapat pekerjaan yang layak sudah terwujud”, jelas beliau.

Setelah sesi sambutan selesai, dilanjutkan dengan pemutaran video profil Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi. Dalam video tersebut dijelaskan tentang apa saja yang berkaitan dengan Fakultas Kedokteran, mulai dari jumlah prodi, fasilitas yang dimiliki, dan lain sebagainya. Melanjutkan sesi pengenalan fakultas, Nuraini Ekawati, S.Farm., Apt., M.Sc. menyampaikan terkait Fakultas Kedokteran dan Program Studi Farmasi dengan lebih detail. Mulai dari perkenalan pimpinan fakultas, sejarah FK UNDIP, metode pembelajaran yang digunakan di FK, jumlah prestasi mahasiswa, pelaksanaan kerja sama fakultas, dan lain sebagainya.

Sesi berikutnya yaitu tanya jawab yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Kunjungan ini mendapat banyak antusias dan respon positif dari para peserta. Berbagai siswa mengajukan pertanyaan guna menjawab rasa penasarannya dengan Fakultas Kedokteran maupun universitas. Salah satu pertanyaan menarik muncul dari peserta. “Apakah ada alasan terkait dengan tulisan dokter yang sulit dibaca?”, ungkapnya. Seketika semua peserta tertawa kecil dengan pertanyaan ini mengingat tidak bisa dipungkiri bahwa tulisan dokter cenderung menggunakan tulisan latin. Akan tetapi, pertanyaan ini dapat dijawab dengan baik oleh salah satu narasumber bahwa tidak ada alasan tertentu mengapa tulisan dokter sulit dibaca. “Bisa jadi karena banyaknya pasien dan terburu oleh waktu sehingga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tulisan tersebut”, ungkap beliau.

Sebelum acara selesai, dilakukan penyerahan kenang – kenangan, baik dari pihak SMA Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai kepada pihak UNDIP maupun sebaliknya. Selain itu, ini juga menjadi bentuk apresiasi dari Fakultas Kedokteran karena telah mendapat kunjungan dari salah satu SMA di Indonesia. Setelah itu dilakukan foto bersama sebagai dokumentasi sekaligus menjadi penutup kegiatan.