(024) 76928010 dean@fk.undip.ac.id

Fakultas Kedokteran UNDIP dan Prodia Gelar Research Meeting Bertema “Gut Microbiome and Cardiometabolic Diseases”

oleh | Mar 14, 2023 | Akademik, Berita | 0 Komentar

Rabu, 1 Maret 2023. Fakultas Kedokteran UNDIP berkolaborasi dengan Prodia menggelar Research Meeting di Ruang Theatrical, Gedung B, Fakultas Kedokteran Tembalang. Dengan mengusung tema “Gut Microbiome and Cardiometabolic Diseases”, acara berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memajukan penelitian di bidang kedokteran, melalui layanan research support Prodia. Terdapat 3 narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Adriyan Pramono, S.Gz., M.Si., Ph.D, Apt. Rina Triana, M.Farm, dan dr. Mochamad Ali Sobirin, SpJP, Ph.D.

Dra. Ani Margawati, M.Kes., Ph.D mewakili Dekan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Beliau menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan Prodia dengan Fakultas Kedokteran UNDIP untuk terus menggugah para peneliti dalam mengembangkan bidang keilmuannya. Menurutnya, kegiatan penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting yang sehingga harus mempunyai target pencapaian kinerja, terutama penelitian yang dapat dipublikasikan di internasional.

“Research meeting ini selalu diselenggarakan, harapannya UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) bisa menyelenggarakan secara rutin sehingga minat untuk melakukan penelitian semakin meningkat”, ungkap beliau.

Pemaparan ilmiah yang pertama disampaikan oleh Adriyan Pramono, S.Gz., M.Si., Ph.D. Dengan dimoderatori oleh Dr. dr. Nydia Rena Benita Sihombing, M.Si.Med, beliau membahas terkait peranan makanan dalam pengaruh Gut Microbiota yang berlangsung selama 25 menit. Dilanjutkan dengan pemaparan ilmiah terkait “Gut Microbiota and cardiometabolic disease” oleh Apt. Rina Triana, M.Farm. Terakhir, materi disampaikan oleh dr. Mochamad Ali Sobirin, SpJP, Ph.D dengan bahasan “Emerging drugs for cardiometabolic disease: Update from clinical research”.

Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Harapannya, dengan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan penyegaran materi terkait Gut Microbiome dan hubungannya dengan penyakit jantung dan metabolik, serta memberikan wawasan tentang research support laboratorium klinik Prodia, serta update informasi pelayanan laboratorium dalam penelitian sehingga dapat menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.

Berita Terkait

FK UNDIP Menerima Kunjungan MAN 1 Jombang

FK UNDIP Menerima Kunjungan MAN 1 Jombang

Rabu (8/3/22). Rombongan dari MAN 1 Jombang melakukan kunjungan studi ke Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) yang dilaksanakan secara luring di Ruang Theatrical, Gedung B, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro. Rombongan dari sekolah ini datang...