Kunjungan SMAN 1 Babelan Bekasi di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

oleh | Jul 3, 2023 | Berita, Kunjungan

Kamis, 15 Juni 2023. Fakultas Kedokteran UNDIP mendapat kunjungan SMAN 1 Babelan, Bekasi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencari informasi seputar perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Ini merupakan bentuk persiapan yang dilakukan sekolah sebagai bekal bagi para siswa untuk memberikan gambaran tentang pendidikan di perguruan tinggi.

dr. Muflihatul Muniroh, M.Si., Med., Ph.D. selaku Ketua Program Studi S1 Kedokteran menyampaikan selamat datang kepada SMAN 1 Babelan yang telah menempuh perjalanan panjang guna menggali informasi di Fakultas Kedokteran. Beliau menjelaskan seputar Fakultas Kedokteran UNDIP dimana untuk S1 terdapat 5 program studi, yaitu Program Studi Kedokteran, Farmasi, Gizi, Keperawatan, dan Gigi.

“Program Studi Kedokteran merupakan program studi yang terlama, yaitu berdiri pada tahun 1961 tepatnya di tanggal 1 Oktober. Disusul dengan Program Studi Keperawatan, Gizi, Farmasi, dan Kedokteran Gigi”, jelas beliau.

dr. Muflihatul Muniroh, M.Si., Med., Ph.D atau yang akrab disapa dengan Dokter Liha juga menjelaskan terkait kuota penerimaan mahasiswa baru tahun lalu di Program Studi Kedokteran sejumlah 250. Akan tetapi, tahun ini terdapat penambahan kuota sesuai dengan peraturan yang terbaru mencapai 300 mahasiswa. Harapannya, dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para siswa dalam mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Kedokteran UNDIP.

Debora Panjaitan, S.Pd. selaku Waka Kesiswaan SMAN 1 Babelan menyampaikan terkait tujuan dilakukannya kunjungan ini yaitu guna mencari informasi seputar Universitas Diponegoro, khususnya di Fakultas Kedokteran. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Fakultas Kedokteran sehingga meningkatkan semangat para siswa dalam mengikuti kegiatan ini.

“Kami berharap kepada pihak kampus dapat memberikan kiat-kiatnya, trik-triknya, untuk bisa masuk dan bergabung di kampus tercinta ini”, papar beliau.

Sesi berikutnya yaitu dilakukan pemutaran video profil guna memberikan gambaran visual seputar informasi yang terdapat di Fakultas Kedokteran. Mulai dari sejarah, fasilitas, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya. Setelah itu, dibuka sesi tanya jawab yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit guna menjawab rasa penasaran para siswa seputar perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Kedokteran. Sesi ini mendapat respon positif dan antusias yang luar biasa, baik dari siswa maupun bapak/ibu guru pendamping juga turut aktif dalam mengajukan beberapa pertanyaan.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari pihak sekolah kepada Fakultas Kedokteran maupun sebaliknya. Hal ini sebagai bentuk terima kasih atas kunjungan yang dilakukan di salah satu kampus terbaik ini. Tak lupa, dilakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi sekaligus menjadi penutup kegiatan.

Berita Terkait