Fakultas Kedokteran UNDIP Hadirkan Pelayanan Kesehatan dan Pelatihan Hidup Dasar ke Magelang

oleh | Nov 6, 2023 | Berita, Pengabdian | 0 Komentar

Sabtu, 21 Oktober 2023. Dalam rangka dies natalis FK UNDIP ke-62, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menghadirkan misi pengabdian masyarakat yang luar biasa ke desa Gulon, Magelang. Dalam sebuah upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup warga desa, para dokter bersama mahasiswa dari Fakultas Kedokteran UNDIP menyelenggarakan rangkaian pelayanan kesehatan, skrining kesehatan, dan pelatihan bantuan hidup dasar.

Tim medis Fakultas Kedokteran UNDIP dengan semangat mempersiapkan stan-stan pelayanan kesehatan dan skrining kesehatan, termasuk pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan pengecekan kesehatan umum. Warga desa dapat memanfaatkan layanan ini secara gratis, sehingga dapat menjalani skrining kesehatan rutin yang mungkin sulit diakses. Selain itu, pelatihan bantuan hidup dasar juga diberikan kepada warga desa, yang akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan penting dalam situasi darurat.

Ketua Pelaksana, Ns. Zubaidah, S.Kep., M.Kep, Sp.Kep.An, menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini melibatkan kurang lebih 100 orang dari civitas akademika FK UNDIP yang terdiri dari dosen, dokter, perawat, farmasi, ahli gizi, tenaga pendidik, alumni dan mahasiswa.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain yaitu pelatihan kader kesehatan meliputi pelatihan skrining kesehatan dan bantuan hidup dasar serta pelayanan kesehatan klinik”, jelas beliau.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran UNDIP, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K) mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Beliau menyebutkan, “Sebagai wujud pengabdian kami, kami ingin meningkatkan klinik kebencanaan Gulon ini menjadi klinik pratama dan merencanakan pembangunan untuk asrama mahasiswa”. Harapannya, dengan kegiatan ini semakin menambah manfaat untuk masyarakat sekitar dan segenap civitas akademika FK UNDIP.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat apresiasi yang besar dari warga Gulon dan merupakan contoh nyata dari peran penting universitas dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Diharapkan bahwa kegiatan semacam ini akan terus memberikan manfaat nyata dan pelatihan yang berharga kepada masyarakat.

Berita Terkait

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

(Kamis, 30 November 2023) – Fakultas Kedokteran mengadakan acara Workshop IPE, Workshop IPE ini bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung A Fakultas Kedoketaran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP). acara ini bertujuan sebagai media para pimpinan prodi untuk berdiskusi...