Fakultas Kedokteran UNDIP Gelar Workshop Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

oleh | Nov 28, 2023 | Berita | 0 Komentar

Kamis, 23 November 2023. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyelenggarakan workshop pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM) di Ruang Serbaguna, Gedung A, Tembalang. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Fakultas Kedokteran UNDIP berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari korupsi dan berintegritas tinggi.

Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran

Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K), dalam sambutannya menyampaikan komitmen Fakultas Kedokteran UNDIP dalam melakukan pembangunan zona integritas. Menurutnya, salah satu sub-aksi pada sektor reformasi birokrasi untuk mengatasi tantangan dan mencapai sasaran yaitu melalui pembangunan zona integritas. “Pembangunan zona integritas dianggap sebagai role model reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan yang berkualitas”, jelas beliau.

Workshop ini menghadirkan pembicara ahli langsung dari Biro Ortala Kemendikbudristek, Domas Mifta Mudita, S.E. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan banyak hal terkait konsep dasar pembangunan zona integritas. Mulai dari tujuan, identifikasi layanan satuan kerja, kriteria zona integritas WBK/WBBM, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Prof. Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UNDIP sebagai fakultas yang berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) turut membagikan pengalamannya dalam sharing session kepada Fakultas Kedokteran.

Sesi tanya jawab

Dalam sesi diskusi, para peserta workshop aktif menanyakan kepada narasumber terkait bagaimana langkah-langkah dalam mewujudkan zona integritas tersebut. Hal ini menandai bahwa Fakultas Kedokteran UNDIP bersungguh-sungguh dalam menciptakan lingkungan kerja yang berintegritas tinggi. Pada sesi ini, tim fakultas kedokteran juga banyak mendapat insight baru sehingga dapat menjadi bekal dalam membangun zona integritas di Fakultas Kedokteran UNDIP.

Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) di Fakultas Kedokteran UNDIP bukan hanya sekedar komitmen formal, melainkan sebuah perjalanan panjang menuju perubahan budaya dan praktek-praktek terbaik dalam pelayanan akademik dan administratif. Dengan adanya workshop ini, Fakultas Kedokteran UNDIP semakin meneguhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis tetapi juga berintegritas tinggi dalam setiap aspek kehidupan kampus.

Berita Terkait

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

(Kamis, 30 November 2023) – Fakultas Kedokteran mengadakan acara Workshop IPE, Workshop IPE ini bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung A Fakultas Kedoketaran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP). acara ini bertujuan sebagai media para pimpinan prodi untuk berdiskusi...