Kerjasama Fakultas Kedokteran Undip dengan Department of Community-based Family Medicine, Faculty of Medicine, Tottori University, Jepang dan Radboud University Medical Center, The Netherlands

oleh | Apr 3, 2024 | Berita, Kerjasama | 0 Komentar

Senin (04/03/2024). Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menyelenggarakan Kuliah Tamu dan Academic Collaboration, bekerjasama dengan Department of Community-based Family Medicine, Tottori University, Jepang dan Radboud University Medical Center, Belanda. Acara yang diselenggarakan pada 4-8 Maret 2024 di Semarang dan Kabupaten Jepara ini dibuka oleh Dekan FK Undip, Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B., Subsp.Onk(K). Delegasi dari Tottori University berjumlah 3 orang dosen, yaitu Prof. Shinichi Taniguchi, MD, Ph.D, Young Lee, MD, dan Tsubasa Nakai, MD, serta 7 orang mahasiswa, yaitu Koki Kawagishi, Ayumi Hirota, Yumeka Mizuno, Yurina Kimura, Naka Nohama, Kiki Leijten dan Julie Valerie Isha Urlings.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Visiting Lecture di hari Senin dengan menghadirkan pembicara yaitu, Prof. Shinichi Taniguchi, MD, Ph.D, Prof. dr. Tri Nur Kristina, Ph.D dan dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes, FISPH, FISCM. Acara yang turut melibatkan Dinas Kesehatan Kota Semarang ini juga melakukan kegiatan di luar kelas seperti kegiatan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Klinik Permata Graha Syifa Gunung Pati Semarang dan kunjungan di puskesmas dan posyandu di Kota Semarang dan Kabupaten Jepara. Beberapa puskesmas yang dikunjungi adalah Puskesmas Ngesrep, dan Puskesmas Ngaliyan di Kota Semarang. serta Puskesmas Mlonggo dan Puskesmas Pakis Aji di Kabupaten Jepara. Dalam kegiatan tersebut, delegasi Jepang dan Belanda mempelajari tentang sistem layanan kesehatan primer dan kesehatan komunitas di Indonesia.

Berita Terkait