Pelatihan Stroke Care Improvement

oleh | Sep 5, 2022 | Berita, Pengabdian | 0 Komentar

NEUROLOGI, SEMARANG – Stroke merupakan penyebab kematian dan kecacatan nomor dua di dunia. Stroke adalah sindrom klinis akut, defisit neurologis fokal yang dikaitkan dengan cedera serebrovaskular, yang secara luas diklasifikasikan sebagai iskemik atau hemoragik. Stroke mengakibatkan hilangnya aliran darah, nutrisi, dan oksigen ke suatu wilayah otak, mengakibatkan kerusakan saraf dan defisit neurologis berikutnya. Dengan diagnosis dini, efisiensi manajemen pra-rumah sakit, dan perawatan terfokus, peluang pemulihan yang berarti dapat dimaksimalkan. PERDOSSI Semarang bekerjasama dengan KSM Neurologi RSUP dr. Kariadi Semarang sedang mempresentasikan Pelatihan Peningkatan Perawatan Stroke. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2022.

​“Sistem medis darurat merupakan komponen penting untuk manajemen stroke iskemik hiperakut yang efektif” kata Dr. dr. Retnaningsih, Sp.S(K), KIC sebagai pembicara fase hiperakut. Ini termasuk manajemen pra-rumah sakit, mengukur keparahan stroke menggunakan skor NIHSS, dan menentukan diagnosis. Setelah kedatangan pasien potensial stroke ke ruang gawat darurat, pasien harus distabilkan dan menjalani penilaian untuk pengobatan alteplase intravena potensial (IV tPA) dalam waktu kurang dari 60 menit, atau disebut door-to-needle times. Jadi waktu door-to-needle yang lebih pendek dapat dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian serta penurunan semua penyebab admisi kembali ke rumah sakit.

dr. Rahmi Ardhini, Sp.S(K), dalam pelatihannya yang bertajuk “Pre-hospital management”, menjelaskan bahwa setiap 15 menit yang dihemat dalam waktu perawatan mengurangi angka kematian sebesar 4% dan meningkatkan peluang hidup normal akibat stroke sebesar 4%. Ada poin penting dalam manajemen pra-rumah sakit: mendiagnosis stroke, memilih rumah sakit, transportasi darurat, dan memberi tahu tim lebih awal. Pelatihan penilaian stroke dapat meningkatkan akurasi identifikasi stroke. Pilih rumah sakit dengan unit stroke dan ahli stroke untuk meningkatkan hasil yang didapat. Bawa pasien secepat mungkin dalam waktu kurang dari 15 menit, dan lakukan segalanya sebanyak mungkin sebelum tiba di rumah sakit. Beri tahu tim lebih awal, sehingga rumah sakit dapat bersiap dan melakukan mobilisasi.

Prinsip pengobatan iskemik akut adalah rekanalisasi pembuluh darah ke daerah iskemik untuk menyelamatkan jaringan yang layak di sekitar inti yang mengalami infark. dijelaskan dr. Aditya Kurnianto, Sp.S(K) sebagai pemateri pengobatan stroke iskemik. Actilyse (alteplase, recombinant tissue plasminogen activator, rt-pa) merupakan fibrinolitik yang dapat melarutkan bekuan darah oklusif pada pembuluh darah koroner dan serebral untuk stroke iskemik akut. Trombolisis intra-arterial adalah intervensi berbasis kateter yang memungkinkan revaskularisasi intra-arteri dengan rt-pa topikal dikirim langsung ke trombus intrakranial. Berdasarkan pedoman ESO 2021, rtPA intravena (0,9 mg/kg BB, maksimum 90 mg), dengan 10% dari dosis yang diberikan sebagai bolus diikuti dengan infus 60 menit, direkomendasikan dalam waktu 3 jam setelah onset stroke iskemik. Ini menemukan bukti berkualitas tinggi untuk merekomendasikan trombolisis intravena dengan alteplase untuk meningkatkan hasil fungsional pada pasien dengan stroke iskemik akut dalam waktu 4,5 jam setelah onset gejala.

“Neuroimaging pada pasien stroke, terutama pada pasien stroke iskemik akut, memegang peranan penting. Hal ini membantu untuk menyingkirkan perdarahan dan menilai tingkat keparahan stroke” kata dr. Yovita Andhitara, Sp.S(K), M.Si.Med, FINS, FINA. Mengatur posisi windowing yang tepat (windowing), mengetahui apa yang Anda cari dan di mana menemukannya (scrolling), mempertimbangkan unit hounsfield (HU). Iskemia akan lebih mudah dilihat pada jendela iskemia daripada jendela otak, dibandingkan dengan perdarahan. Cari tanda-tanda perdarahan di empat kuadran. Gunakan unit Hounsfield untuk membedakan.

Berita Terkait

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Workshop IPE Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

(Kamis, 30 November 2023) – Fakultas Kedokteran mengadakan acara Workshop IPE, Workshop IPE ini bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung A Fakultas Kedoketaran (FK) Universitas Diponegoro (UNDIP). acara ini bertujuan sebagai media para pimpinan prodi untuk berdiskusi...