Rektor Resmikan Laboratorium Rintisan Rumah Sakit Gigi dan Mulut: Tonggak Awal Menuju Pendidikan Kedokteran yang Lebih Unggul di Fakultas Kedokteran UNDIP

oleh | Jan 11, 2024 | Akademik, Berita | 0 Komentar

Jumat, 5 Januari 2024. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mengawali tahun baru dengan peresmian Laboratorium Rintisan Rumah Sakit Gigi dan Mulut yang dilakukan langsung oleh Rektor UNDIP, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Laboratorium ini akan menjadi landasan untuk pengembangan lebih lanjut, menjadikannya Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan yang akan memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa sehingga dapat melahirkan dokter-dokter gigi yang kompeten dan bermanfaat di masyarakat.

Dalam acara peresmian yang dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Dekan Fakultas Kedokteran UNDIP, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes, Sp.S(K), menegaskan komitmen fakultas dalam memberikan pendidikan yang terbaik. Beliau menyampaikan bahwa kehadiran Laboratorium Rintisan RSGM FK ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar dalam keadaan sesungguhnya di rumah sakit dalam melakukan pelayanan pada pasien. Laboratorium Rintisan ini juga merupakan cikal bakal yang nantinya akan dikembangkan lebih jauh menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Diponegoro.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) merupakan unsur penting dalam rangkaian pendidikan profesi dokter gigi. Selain itu, RSGMP merupakan salah satu syarat yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dalam pendirian prodi kedokteran gigi & profesi dokter gigi. Dengan dukungan peralatan modern dan tim pengajar yang berpengalaman, diharapkan mahasiswa dapat menggali lebih dalam pengetahuan dan keterampilan klinis mereka.

Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum selaku Rektor Universitas berharap agar laboratorium rintisan ini tidak hanya menjadi laboratorium terbaik dalam tingkat nasional, tetapi dapat menjadi laboratorium terbaik di ASEAN dan selanjutnya dapat terwujud secara nyata menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Diponegoro.

Peresmian Laboratorium Rintisan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan di Fakultas Kedokteran UNDIP menjadi langkah awal yang menjanjikan untuk memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik bagi mahasiswa kedokteran. Dengan terus berkembangnya fasilitas ini, diharapkan UNDIP akan semakin dikenal sebagai pusat unggulan dalam pendidikan kedokteran di Indonesia.

Berita Terkait